Selamat Datang Di Blog Azman204, Silakan Tinggalkan Comment Di kolom Komentar, dan Jangan Lupa Klik SUBSCRIBE, untuk mendapatkan Artikel TerUpdate
*** Terima Jasa Penyusunan Dokumen Penawaran & Penyusunan Company Profile Kontraktor Jasa Konstruksi ***

AHSP TERBARU PERMEN PUPR NO. 1 TAHUN 2022

Berikut ini saya bagikan Format Excel Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) terbaru sesuai dengan : 

PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2022 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN PERKIRAAN BIAYA PEKERJAAN KONSTRUKSI BIDANG PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT 

ANALISIS HARGA SATUAN PEKERJAAN (AHSP)

Analisis ini digunakan sebagai suatu dasar untuk menyusun perhitungan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner’s Estimate (OE) dan Harga Perkiraan Perancang (HPP) atau Engineer’s Estimate (EE) yang dituangkan sebagai kumpulan Harga Satuan Pekerjaan seluruh mata pembayaran. Analisis harga satuan dapat diproses secara manual atau menggunakan perangkat lunak. Yang dimaksud dengan nilai total HPS adalah hasil perhitungan seluruh volume pekerjaan dikalikan dengan Harga Satuan ditambah dengan seluruh beban pajak dan keuntungan sesuai dengan Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12/2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Melalui Penyedia.

Untuk pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021, nilai total HPS bersifat terbuka dan tidak rahasia (Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 pasal 26, ayat (2)). HPS digunakan sebagai alat untuk menilai kewajaran penawaran termasuk rinciannya, dan sebagai dasar untuk menetapkan batas tertinggi penawaran yang sah, serta sebagai dasar untuk menetapkan besaran nilai jaminan pelaksanaan bagi penawaran yang nilainya lebih rendah daripada 80% (delapan puluh perseratus) nilai total HPS.

Kontrak dengan harga satuan yang tetap untuk setiap satuan atau unsur pekerjaan dengan spesifikasi teknis tertentu atas penyelesaian seluruh pekerjaan dalam batas waktu yang telah ditetapkan, volume atau kuantitas pekerjaannya masih bersifat perkiraan pada saat kontrak ditandatangani, pembayaran berdasarkan hasil pengukuran bersama atas realisasi volume pekerjaan dan nilai akhir kontrak ditetapkan setelah seluruh pekerjaan diselesaikan.

Analisis harga satuan ini menetapkan suatu perhitungan harga satuan upah tenaga kerja, bahan dan peralatan serta pekerjaan yang secara teknis dirinci secara detail berdasarkan suatu metode kerja dan asumsi-asumsi yang sesuai dengan yang diuraikan dalam suatu spesifikasi teknik, gambar desain dan komponen harga satuan, baik untuk kegiatan rehabilitasi/ pemeliharaan, maupun peningkatan infrastruktur ke-PU-an.

Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28/PRT/M/2016 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum (Berita Negara Republik Indonesia Nomor 1166 Tahun 2016), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

DOWNLOAD PERMEN PUPR NOMOR 1 TAHUN 2022 

                    Format RKK Pelaksanaan Terbaru

Kelompok Bidang AHSP

a. AHSP bidang umum;

b. AHSP bidang sumber daya air;

c. AHSP bidang bina marga; dan

d. AHSP bidang cipta karya dan perumahan.



KELOMPOK BIDANG AHSP FILE EXCEL
BIDANG UMUM proses ...
BIDANG SUMBER DAYA AIR proses ...
BIDANG BINA MARGA Download
BIDANG CIPTA KARYA DAN PERUMAHAN Download



Catatan : Bagi sobat yang download , tidak semua  Anslisa Harga Satuan Pekerjaan AHSP di atas ini formatnya sama dengan BQ di Dokumen lelang, yang perlu diperhatikan Volume, koefisiennya dan Overhead & Profitnya,  untuk harga satuan bahan/material dan upah disesuaikan dengan harga satuan daerah masing-masing.

Jika File nya sudah di Download dengan baik, mohon untuk mengkonfirmasi melalui kolom komentar  yang tertera di bawah ini, Terima kasih atas kunjungannya.


Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status

Post a Comment

31 Comments

  1. tidak bisa didownload bang, hanya bisa dilihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sy coba bs pak. Coba aja cri tab menu di situ ada opsi download

      Delete
  2. Mohon untuk mengkonfirmasi jika filenya sudah di download (dengan memperkenalkan diri atau menyebutkan daerah nya masing"), agar kita saling kenal dan jangan lupa bantu support Channel Youtube saya "AZMAN204" https://www.youtube.com/channel/UC1efzbIcPoAgG4k1gwbI-ew
    LIKE, COMMANT AND SUBSCRIBE . terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Bang sangat membantu, makasih ya. salam dari Maluku Utara

      Delete
  3. File AHSP Bina Marga-nya di aku koq rusak ya?

    ReplyDelete
  4. ok sdh bisa di download filenya

    ReplyDelete
  5. Gak bisa didownload minta akses

    ReplyDelete
  6. Mas, hanya bisa dilihat. Download ga bisa.
    Koreksi sedikit mas.🙏
    Berdasarkan Permen PUPR No. 1 2022, Ada perubahan Divisi di AHSP Bina Marga, dimana Divisi 2 menjadi Divisi. SMKK. Sehingga Divisi sebelumnya mengalami pergeseran, BM sekarang menjadi 11 divisi 🙏
    AHSP Cipta Karya juga sudah memasukkan SMKK.
    🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak terima kasih atas koreksinya, ini sy juga lagi melakukan perubahan file excelnya, termasuk AHSP yang Bidang Cipta Karya sudah jadi AHSP File Excelnya, cm masih saya rapikan sedikit untuk lembar harga satuannya. untuk tidak bis di download coba bpk, login email di browser yg bapak pakai, kemudian di download ulang, sy sudah coba login di email yg lain bs pak, tp jika buka di browser yg ga pakai email emg minta izin terlebih dahulu, itu pun juga sudah sy izinkan . terima kasih atas kunjungannya pak.

      Delete
  7. buat yang udah download mohon konfirmasinya di kolom komentar ini, agar situs saya trus berkembang dan bisa membagikan artikel - artikel yang lebih baik seputar dunia jasa konstruksi. terima kasih

    ReplyDelete
  8. terimakasih banyak. sangat sangat bermanfaat. Dari awal tahun nyari yg versi excell nya baru nemu sekarang. Terimakasih orang baikkkkk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama pak/ibu semoga membantu pekerjaan bpk/ibu... support juga channal youtube saya, agar sy trus bs berkembang, dan dapat memberikan yang lebih baik buat pengujung Situs azman204.

      Delete
  9. Replies
    1. sama - sama terima kasih atas kunjungannya semoga membantu rekan rekan penyedia, salam Pengadaan.

      Delete
  10. Untuk yg bidang Umum belum jadi ya bos?

    ReplyDelete
  11. Selamat sore bang, mohon bantuan dokumen penawaran file excel SDA

    ReplyDelete
  12. Pagi bos, salam kenal dari Jogja, terimakasih sudah bisa download AHSP CK dan BM, untuk yang umum dan Umum dan SDA ditunggu bos, Mantabs lima jempol

    ReplyDelete
  13. terima kasih banyak kang azman....salam konstruksi,saya pengikut setia kang azman dr beberapa tahun lalu

    ReplyDelete
  14. Terimakasih bos sudah bisa di download. salam dari Nias Gunungsitoli

    ReplyDelete
  15. Terimakasih banyak brother telah berbagi.. salam

    ReplyDelete
  16. makasi banyak bisa di download,,,,salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama terima kasih juga atas kunjungannya, semoga membantu pekerjaannya... salam pengadaan.

      Delete
  17. Perkenalkan saya angga dr bandung, file dah saya donlod bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal pak, semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung ke situs saya

      Delete
  18. selamat malam pak! mohon klo ada AHSP untuk ME! terimakasih, adyantama99@gmail.com

    ReplyDelete
  19. mantap bang terimakasih, ahsp bina marga

    ReplyDelete
  20. bang, untuk cipta karya ada yg sudah final edit blm ya, kalau ada saya mau bg

    ReplyDelete
  21. sangat bermanfaat terimah kasih. saya sudah mendownload

    ReplyDelete
  22. Terima kasih, ini sangat membantu.

    ReplyDelete